Friday, March 11, 2011

Gua Terbesar di Dunia ditemukan di Vietnam

Bagian gua terbesar di dunia ditemukan jauh di dalam sebuah hutan  terpencil di Vietnam. Anak gua doong ukuran 262 kaki (80 meter) dan sedikitnya 2,8 mil (4,5 kilometer) dalamnya,  dibandingkan gua terbesar yang pernah ditemukan, penemuan tersebut diumumkan oleh National Geographic News. Pemegang rekor sebelumnya,  Gua Rusa di Malaysia, adalah 300 kaki  (91 m) di bagian, tetapi hanya sekitar (1,6 km) mil panjang.


Sebaliknya, penjelajah berjalan 2,8 mil (4,5 kilometer) ke Anak doong, di Phong Nha-Ke Bang National Park, sebelum diblokir oleh banjir musiman dan mereka berpikir bahwa bagian itu lebih lama lagi.
Selain itu, untuk beberapa mil Anak doong mencapai lebih dari 460-kaki (140 meter), kata Adam Spillane, anggota ekspedisi Asosiasi Riset Gua Inggris yang menjelajahi gua besar. Spillane berada di kelompok pertama dari dua kelompok yang dipersiapkan untuk memasuki gua. Timnya mengikuti bagian sejauh dinding 46 kaki-tinggi (14-meter-tinggi).

"Tim kedua yang masuk mendapat kendala banjir ," katanya. "Kami akan kembali tahun depan untuk memanjat dinding gua itu dan mengeksplorasi lebih lanjut."



















Sumber: nationalgeographic

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...