Wednesday, August 03, 2011

Tips Sehat Puasa Nikmat, Gerakan Sayangi Jantungmu



Bulan Ramadhan telah tiba. Bagi umat Islam ini adalah bulan dimana mental dan fisik ditempa untuk menjalankan ibadah puasa. Sebagai bagian dari ibadah, pola makan kita di bulan ini pun berubah. Tetap menjaga agar asupan gizi selalu dalam pola tepat seimbang saat sahur dan berbuka agar kita tetap bugar beraktifitas selama satu hari penuh adalah salah satu persiapan yang perlu kita lakukan di bulan suci ini.
Bagaimana caranya? Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan:
  • Untuk tetap bertenaga sehari penuh, tidak cepat lemas, lapar dan mengantuk, hindari mengkonsumsi banyak sumber pangan jenis karbodhidrat sederhana seperti gula murni dan tepung-tepungan saat sahur tanpa mengkonsumsi makanan lengkap.Ini karena karbohidrat sederhana akan diolah dan dilepas dengan cepat oleh tubuh menjadi energi sehingga kita justru cepat merasa lapar.
  • Memperbanyak asupan makanan yang mengandung serat pada saat sahur adalah salah satu cara mencegah cepat datangnya rasa lapar. Asupan ini bisa diperoleh dari buah-buahan, sayur-sayuran dan juga oat. Mengapa oat baik untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka? Karena oat mengadung karbohidrat kompleks serta serat yang tinggi sehingga apabila dikonsumsi dapat membantu kita memiliki rasa kenyang yang lebih lama. Hal tersebut disebabkan karbohidrat kompleks yang terdapat didalam oat diserap dan dilepaskan menjadi energi secara perlahan lahan didalam tubuh. Selain itu, oat kaya serat larut beta-glukan yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi 70 gram oat (setara dengan 8 sendok makan) yang mengandung 3,5 gram serat larut beta-glukan selama 30 hari diikuti dengan pola diet rendah lemak jenuh, terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Agar terhindar dari rasa bosan, temukan banyak resep lezat sehat hidangan serba oat di www.sayangijantungmu.com/resep yang bisa Anda coba sebagai makanan sahur dan juga berbuka.
  • Konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B kompleks agar metabolisme Anda semakin baik di bulan suci ini.
  • Perbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.
  • Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tetap bugar. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka.Untuk jenis olahraga low-impact yang dapat dilakukan saat puasa dan juga baik untuk jantung, cobalah lakukan Quaker Heartbeat Dance yang video tutorialnya bisa dillihat di www.sayangijantungmu.com/heartbeat_dance
Source : Gerakan Sayangi Jantungmu Quaker Oats

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...